Master of Study: Final Touch

Terus terang saja, Master of Study menurut saya adalah serial drama paling inspirasional. Disini, belajar itu menjadi sesuatu yang sakral. Selain itu, Master of Study juga didukung oleh karakter yang pasti bakal sulit dilupakan penontonnya. Mereka semua punya ciri khas tersendiri dan saling melengkapi.

Kang Seok Ho (diperankan Kim Soo Ro)
Seorang pengacara miskin tapi niatnya besar banget buat menyelamatkan SMA Byeong Mun. Dulunya, sebelum mencapai karir sebagai pengacara, Kang Seok Ho juga sama seperti kelima siswa yang masuk kelas khusus: bodoh! Yang bikin tambah parah adalah semasa SMA, Kang Seok Ho suka sekali berkelahi. Bagi yang udah nonton Master of Study, pasti ngerasa kalo Kang Seok Ho kaku, tapi juga tegas, galak, berwibawa, dan pintar mengatur kelas khusus selain pintar membaca pikiran para siswa kelas khusus. Satu lagi, Kang Seok juga punya perhatian khusus pada Bu Guru Han. Sebab, Bu Guru Han mengingatkannya pada seorang guru di masa SMA-nya. Bahkan, Pengacara Kang menolak Jang Ma Ri, ketua yayasan, yang terang-terangan menyukainya. Asal tahu aja, Kang Seok Ho adalah alumni SMA Byeong Mun!

Han Soo Jung (diperankan Bae Doo Na)
Inilah sosok ibu guru impian. Han Soo Jung adalah guru bahasa Inggris yang baik. Ibu Han mengerti bagaimana siswanya dan peduli pada mereka. Meski, kadang-kadang hal ini membuatnya dengan sangat mudah dibohongi Baek Hyun. Han Soo Jung juga sama seperti Kang Seok Ho yang menentang penjualan SMA Byeong Mun. Pada awalnya, Pengacara Kang cuek terhadap masalah penjualan itu. Tapi, Bu Guru Han-lah yang mengetuk hati nurani Kang Seok Ho. Sikap Pengacara Kang yang kaku, tegang, dan tegas dapat diseimbangkan oleh Han Soo Jung yang lembut dan hangat.

Jang Ma Ri (diperankan Oh Yeon Ah)
Ketua Yayasan ini memang terkesan jutek pada awalnya. Keinginannya buat menjual SMA Byeong Mun menggebu-gebu banget. Tapi, ketika Pengacara Kang bilang kalo urusan penjualan ini bakal rumit, Jang Ma Ri menyetujui usulan Kang Seok Ho buat menyelamatkan SMA Byeong Mun dengan membentuk kelas khusus. Jadi ketahuan kan plin-plannya!? Jang Ma Ri juga baik banget lho. Pengacara Kang bahkan mengakui hal ini. Jang Ma Ri menolak tawaran Ayah Hong Chan Doo yang ingin membeli SMA Byeong Mun. Ma Ri tersentuh melihat betapa senangnya anak-anak kelas khusus yang merayakan hasil ujian mereka yang bagus!

Hwang Baek Hyun (diperankan Yoo Seung Ho)
Pada awalnya, Baek Hyun terkesan sedikit egois. Tapi, cuma karena dia merasa tertekan. Hidupnya miskin. Dia juga kasihan melihat neneknya yang sudah tua terus bekerja buat membantu keperluan mereka. Karena itulah, Baek Hyun juga sibuk kerja sampingan buat meringankan beban neneknya. Dia jadi sering bolos dan membohongi Bu Guru Han. Baek Hyun juga pemarah. Dia nggak pernah bisa percaya pada Kang Seok Ho yang bisa membuatnya jadi orang pintar. Akan tetapi, pada akhirnya terungkap juga bagaimana Baek Hyun sebenarya. Dia mirip banget sama Kang Seok Ho semasa muda.

Gil Pul Ip (diperankan Go Ah Sung)
Gil Pul Ip adalah gambaran siswa yang menderita karena ibunya mencintai dan selalu bersenang-senang bareng pria yang sudah beristri. Ayahnya meninggal sewaktu dia masih kecil. Pul Ip sebenarnya siswa yang punya niat paling besar buat belajar. Dia juga yang selalu menentang Baek Hyun, kalo cowok itu ngajakin bolos. Disamping itu, demi sahabatnya Hyun Jung, dia rela membohongi diri sendiri dengan bilang pada sahabatnya itu kalo dia hanya menganggap Baek Hyun sebagai teman. Padahal sebenarnya lebih dari itu. Saya paling suka Pul Ip.

Hong Chan Doo (diperankan Lee Hyun Woo)
Hong Chan Doo selalu dikekang oleh ayahnya. Sebab, ayahnya malu punya anak bodoh dan bahkan berencana mengirim Chan Doo ke Amerika. Alasan inilah yang bikin Chan Doo semangat masuk ke kelas khusus. Dia pengen membuktikan pada ayahnya kalo dia nggak bodoh!

Na Hyun Jung (diperankan Park Ji Yeon)
Hyun Jung adalah anak terbuang. Kedua orang tuanya menikah lagi. Sudah sejak kecil dia hidup sendiri di apartemen mewahnya. Na Hyun Jung ini suka pada Baek Hyun dan sering memanggilnya dengan sebutan “suami-ku”. Hyun Jung masuk kelas khusus juga karena mengekor Baek Hyun.

Oh Bong Goo (diperankan Lee Chan Ho)
Bong Goo sering mengantuk kalo sedang belajar. Dia nggak juga percaya pada kemampuannya sendiri. Bong Goo tetap belajar dengan giat meski dia punya keyakinan kalo dia nggak akan mampu melakukan apapun karena otak-nya bodoh. Pada akhirnya Bong Goo sukses juga kok. Karena siapa lagi kalo bukan Kang Seok Ho! Cita-cita Bong Goo adalah menjadi dokter hewan.

Kesimpulan:
Drama ini wajib ditonton sama yang mau UN. Eh, tapi nggak juga. Semua orang wajib menonton drama ini. Soalnya, belajar menurut Kang Seok Ho adalah memahami kehidupan dan diri kita sendiri. Inti dari belajar adalah mengetahui apa yang kita inginkan dan melakukannya dengan sepenuh hati. Belajar adalah penemuan siapa diri kita dan juga orang lain sebenarnya.

Saya puas banget sama ending Master of Study. Baek Hyun, Pul Ip, dan Bong Goo lulus di Cheonha University. Lalu, meskipun Hyun Jung dan Chan Doo nggak lulus, mereka tetap bersemangat untuk melanjutkan hidupnya. Chan Doo dengan break dance-nya dan Hyun Jung dengan kurusus melukisnya. Hyun Jung bahkan berjanji kalo tahun selanjutnya dia pasti bisa masuk Cheonha. Sip! Gitu dunks!!!

Baek Hyun membuat keputusan besar pada episode terakhir Master of Study (episode 16). Dia batal masuk Cheonha. Dia memilih mewujudkan impian masa kecil-nya dengan masuk universitas pilihannya sejak kecil. Kang Seok Ho nggak marah. Karena hal kayak gini adalah inti dari pelajaran yang selama ini dia dan guru-guru lain berikan.

Drama ini ditutup dengan kembalinya Kang Seok Ho ke asal (menjadi pengacara). Yang paling mengejutkan adalah Ma Ri yang berubah ganas dan menargetkan agar para siswa SMA Byeong Mun harus bisa masuk Cheonha. Meski sudah pergi, tapi Pengacara Kang meyakinkan kalo Bu Guru Han pasti bisa membimbing para siswa mencapai sukses. Dia berjanji apabila Han Soo Jung biasa membawa 10 siswa masuk Cheonha tahun depan, Pengacar Kang pasti bakal datang padanya lagi. Dan Bu Guru Han jelas-jelas menyangggupi hal itu tapi dengan caranya sendiri yaitu mengajar para siswa dengan lembut dan hangat!

Iklan

5 thoughts on “Master of Study: Final Touch

  1. Sama, gw jg paling suka Pul Ip. Dia satu2 nya yg dr awal paling teguh niatnya belajar, bahkan jd satu2 nya yg berani nentang Baek Hyun wkt masalah Chan Doo & wkt diajak bolos. Demi sahabatnya Hyun Jung, sampe rela ngorbanin Baek Hyun. Dia contoh bagus buat remaja cewe zaman skrg.

  2. filmnya keren banget, harus pada nonton semuanya.
    saya juga seneng banget sama pul ip, dia gak pernah mau nyerah.. tapi saya paling kasian sama chan do, di filmya dia selalu ngalah terus sma baek yung, apalagi waktu episode yang ngasih stroberi. kasian banget pokonya. tapi semua karakter pemainnya bagus bagus semua..mereka semua membuat inspirasi bagi yang nonton supaya giat belajar.. jadi semangat belajar nih haha

  3. law aq suka sm na hyun jung dia imut2……..
    selalu pakai boneka di sergam skolahnya ……….

  4. setelah menonton fil ini,,saya sangat terinspirasi,,saya kini sangat2 giat belajar…krn mnonton fil ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s